Tugas Review Jurnal



Tugas Review Jurnal Bio-informatika perikanan budidaya


“SKRINING BAKTERI VIBRIO SP ASLI INDONESIA SEBAGAI PENYEBAB PENYAKIT UDANG BERBASIS TEHNIK 16S RIBOSOMAL DNA"

Jurnal ini merupakan jurnal yang berkaitan dengan bioinformatika organisme akuatik dan bertujuan untuk menganalisis jenis dari bakteri vibrio yang sering kali menyerang organisme akuatik, terutama pada udang budidaya. Serangan dari bakteri vibrio dapat merugikan pembudidaya udang. Salah satu teknik yang terbaik untung mengidentifikasi bakeri ini adalah dengan mengetahui struktur DNA, yaitu dengan teknik sekuens 16S rDNA.
Vibrio yang teridentifikasi dari jurnal ini antara lain Vibrio alginolyticus, Vibrio parahaemolyticus, Vibrio harveyi, Vibrio shilonii, dan Vibrio vulnificus. beberapa dari bakteri ini sudah terdaftar secara internasional dalam gen bank dunia. Tetapi dari segi toksik belum diteliti lebih lanjut tentang tingkat kemampuan bahaya yang ditimbulkan dari serangan bakteri ini terhadap udang dan organisme budidaya lainnya.
Pengamatan yang dilakukan secara langsung diidentifikasi
(secara morfologi) antara lain : pengamatan
bentuk sel, warna koloni, ukuran koloni dan tipe koloni. Selain itu, uji coba biokimia juga dilakukan terhadap uji bakteri. Uji morfologi maupun uji biokimia yaitu : Pewarnaan Gram, Pertumbuhan pada Medium TSI Agar, Uji Katalase, uji Oksidase, Uji Metil Red, Isolasi DNA Vibrio, Reaksi Polimerisasi Berantai, Elektroforesis dan Pengamatan Hasil PCR, Purifikasi Gel Elektroforesis, Sekuensing dan Analisis BLAST, Analisis BLAST dilakukan dengan mengedit urutan DNA hasil sekuensing dengan menterjemahkan N menjadi basa. Semua isolat Vibriomenunjukkan hasil oksidase dan katalase positif. Uji menggunakan medium agar TSI untuk memperlihatkan terjadinya fermentasi glukosa dan sukrosa serta gas HS dengan memperhatikan warna pada agar miring dan agar tegak. Semua isolat adalah Glukosa positif sedangkan untuk sukrosa, A,C dan E adalah negatif dan sisanya adalah positif.
            Hasil dari penelitian ini sangat bermanfaat dan membantu petani udang untuk menanggulangi serangan bakteri vibrio, karena dengan mengetahui jenis dari bakteri vibrio yang ada di tambak, petani udang dapat menanggulangi serangan dari bakteri vibrio sedini mungkin dan untuk menghindari kerugian akibat serangan bakteri vibrio ini. Mengetahui jenis bakteri vibrio yang menggunakan teknik sekuens rDNA yang menyerang udang budidaya ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan menambah informasi gen dari jenis bakteri vibrio asli indonesia yang diambil dari perairan tambak Jepara, karena dengan mengetahui jenis vibrio yang ada diperairan tersebut dapat membantu para akuakulturis untuk menanggulangi seranagan dari bakteri vibrio.

Comments

Post a Comment